MASYARAKAT HEBAT, TERTIB LALU LINTAS! MAHASISWA KKN UNDIP MELAKSANAKAN SOSIALISASI TERTIB LALU LINTAS DI DESA KEBONDALEM

  • Aug 14, 2023
  • Desa Kebondalem

Lemahnya kesadaran masyarakat terhadap peraturan berlalu lintas terlihat dari rendahnya tingkat kedisiplinan masyarakat dalam berkendara, sehingga melahirkan budaya tidak disiplin pada masyarakat. Kurang  sadarnya  masyarakat   dalam   hukum berlalu-lintas   dapat   dilihat   dalam   perilaku seperti   semakin   meningkatnya   pelanggaran lalu   lintas   oleh   pengendara   motor.

Oleh karena itu, Helen Margaretha Nainggolan, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim II KKN UNDIP 2023 mengadakan sosialisasi mengenai tertib lalu lintas kepada warga Desa Kebondalem untuk menambah pengetahuan mengenai peraturan lalu lintas sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Program ini dilaksanakan dengan mengumpulkan warga desa di Balai Desa Kebondalem dan memberikan pemaparan materi mengenai peraturan lalu lintas, data laka lantas, dan pengenalan rambu-rambu lalu lintas. Dalam program ini, terlihat antusiasme warga yang menjadi peserta dalam sosialisasi tersebut, terlihat dari banyaknya pertanyaan dan sharing pengalaman mengenai rambu-rambu lalu lintas.

Dengan terselenggaranya program ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya tertib lalu lintas agar menimbulkan keamanan untuk diri sendiri dan sekitar.

 

Penulis: Helen Margaretha Nainggolan

DPL: Ir. Sutrisno, M.P.

Lokasi: Aula Balai Desa Kebondalem