Dukung Digitalisasi Perpajakan: Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Kemudahan Pembayaran PBB secara Online

  • Aug 14, 2023
  • Desa Kebondalem

Batang (25/7/2023) Pesatnya perkembangan teknologi digital turut memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sektor perpajakan. Digitalisasi perpajakan memberikan kontribusi besar bagi kemudahan administrasi dan pembayaran pajak. Selama lima tahun terakhir, penerimaan dari sektor perpajakan masih menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar baik dalam APBN maupun APBD di Indonesia. 

Wilayah Desa Kebondalem sendiri sebagian besar didominasi dengan area persawahan. Hal ini berarti penerimaan Pajak atas Bumi dan Bangunan (PBB-P2) berpotensi besar untuk digunakan kembali dalam pembangunan desa itu sendiri. Namun, rata-rata kesadaran masyarakat terkait pentingnya pembayaran pajak dengan tepat waktu masih tergolong rendah. Hal ini mengakibatkan realisasi penerimaan pajak masih belum memenuhi target yang telah ditetapkan.

"Ya, kalau di sini pembayaran PBB masih dilakukan secara door-to-door atau dari rumah ke rumah. Kesulitannya adalah sebagian masyarakat masih belum membayar pajak dengan tepat waktu karena harus menunggu hasil penjualan panen," ujar Bapak Salim selaku Kepala Dusun Kebondalem usai dimintai keterangan. 

 

Dokumentasi Pribadi: Leaflet mengenai Alur Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) secara Online

 

Oleh karena itu, Indah Widyaningsih –sebagai salah satu perwakilan dari mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro– bergerak untuk memberikan pendampingan pembayaran PBB secara online. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Selasa, 25 Juli 2023 di Aula Balai Desa Kebondalem, yang dihadiri oleh beberapa perwakilan warga dan perangkat desa. Adapun kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan penyampaian materi mengenai Tata Tertib Lalu Lintas, Sistem Resi Gudang, serta Cara Bijak dalam Bersosial Media. Pelaksanaan Digitalisasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dimulai dengan pengenalan atas PBB-P2, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian akan pentingnya pembayaran pajak secara tepat waktu serta manfaat yang akan didapat oleh warga dari pembayaran pajak. Setelah itu, disampaikan pula tata cara pembayaran PBB-P2 secara online melalui aplikasi Tokopedia, Shopee, Mobile Banking, serta agen BRILink. 

Acara berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari masyarakat. Masyarakat yang hadir juga berkontribusi aktif dalam sesi diskusi bersama perangkat desa. Akhir kegiatan ini ditutup dengan sesi dokumentasi bersama. Adanya pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat mengubah stigma negatif masyarakat terkait pajak, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pembayaran pajak, serta memberikan kemudahan bagi masyarakat hingga perangkat Desa Kebondalem itu sendiri.