BERPOTENSI TERPAPAR KONTEN NEGATIF, MAHASISWA KKN UNDIP DUKUNG DENGAN MENGADAKAN SOSIALISASI BIJAK BERMEDIA SOSIAL

  • Aug 14, 2023
  • Desa Kebondalem

Doc pribadi: Kegiatan Sosialisasi di SMP Negeri 4 Gringsing

Batang (27/07/2023) — Program "Bijak Bermedia Sosial: Saring Sebelum Sharing" berhasil dilaksanakan oleh mahasiswa dari progam studi Ilmu Komunikasi, Ditha Muliawati, sebagai bagaian dari Tim II KKN Undip 2022/2023 Kabupaten Batang. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama dua kali. Pertama, dilaksanakan pada hari Selasa (25/07) di Balai Desa Kebondalem dimana mengundang perwakilan warga dari tiap lima dukuh di Desa Kebondalem. Kedua, dilaksanakan pada hari Kamis (27/07) di SMP Negeri 4 Gringsing yang menarget anak kelas 7 (dua SMP).

Program ini diinisiasi sebagai bagian partisipasi mahasiswa dalam edukasi mengenai literasi digital, mengingat dampak dari konten-konten negatif di media sosial dapat memapar siapa saja yang menggunakan media sosial, dari mulai golongan dewasa sampai anak-anak. Sebut saja konten negatif seperti web phising atau sniffing untuk meretas email personal, link pinjaman online (pinjol) palsu yang tersebar melalui whatsapp dan Twitter, sampai pada pencurian data dan uang online berkedok link APK di Whatsapp.

Selain itu, tujuan utama yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah peningkatan kesadaran baik dari warga dan anak-anak remaja mengenai adanya bentuk penipuan yang terjadi di media sosial, termasuk bentuk-bentuk hoaks yang biasanya menyesatkan. Selain itu, dibentuk pula pemahaman supaya mereka dapat mengerti website-website kredibel mana yang dapat dipercaya ketika ingin membaca artikel berita online dan mana website yang sebaiknya perlu dilakukan pengecekan berulang (double checking) ketika memebaca artikel di dalamnya.

Dalam sosialisasi pertama yang dilakukan di Balai Desa, selain dari perwakilan warga dari tiap dukuh Desa Kebondalem, juga dihadiri oleh perangat desa setempat. Sebagai tambahan, sosialisasi pertama ini juga diisi materi mengenai cara berkendara yang baik, materi tentang resi gudang, dan sistem pembayaran online PBB. Antusiasme warga dan perangkat desa terlihat dari banyaknya diskusi yang terjadi dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Begitu juga pada sosialisasi kedua, yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Gringsing, anak-anak kelas 7 terlihat sangat antusias karena kemungkinan besar mereka lebih dekat dan lebih sering menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini juga tercermin dari banyak diskusi yang terjadi dalam sosialisasi ini dan tertariknya anak-anak dalam menonton video-video penipuan-penipuan online yang disajikan tim KKN Undip ini.

Selain adanya kegiatan utama sosialisasi langsung, telah ditempel pula beberapa poster mengenai Cara-cara bijak bermedia sosial. Poster-poster ini telah ditempel di beberapa tempat strategis agar banyak warga yang dapat terpapar materinya, yaitu di beberapa mushola, tempat posyandu, dan tempat strategis lainnya di Desa Kebondalem.

Dipilihnya dua target sosialisasi, dari golongan tua yang diwakilkan oleh warga Desa Kebondalem dan dari golongan muda yang diwakilkan oleh anak-anak SMP N 4 Gringsing, adalah supaya untuk dapat menjangkau semua usia. Hal ini dikarenakan baik dari remaja hingga orang dewasa adalah pengguna media sosial yang aktif. Begitu juga di Desa Kebondalem, banyak dijumpai juga anak remaja sampai dewasa yang aktif menggunakan media sosial sebagai media interaksinya sehari-hari.

 

Penulis : Ditha Muliawati
Editor    : Diva Cherya Aisyah